Kamis, 03 Mei 2018

Teknik Dasar Bola Voli


Teknik Dasar Bola Voli

A.    Teknik dasar gerakan service

Teknik dasar service adalah pukulan yang dilakukan dari daerah garis belakang lapangan permainan hingga melambung keatas net dan mendarat di dalam daerah lawan. Teknik Service dilakukan saat awal permainan,saat terjadi penambahan point dan terjadi pelanggaran.
Teknik Service memiliki 4 macam yaitu Service Bawah,Service mengapung atau Floating overhand,Overhand round-house service, dan jumping service.

Teknik service bawah

Teknik service bawah biasa dilakukan oleh pemula karena teknik ini adalah teknik yang paling mudah dan umum digunakan. Teknik service bawah dilakukan dengan cara:
1.       Pegang bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang.
2.       Badan sedikit membungkuk
3.       Ayunkan tangan kanan untuk memukul bola dengan tangan yang mengepal.
Teknik ini memang terlihat mudah. Namun bila dipraktekkan akan terlihat bahwa kesulitan dalam melakukan service bawah adalah mengarahkan bola sesuai keinginan, dengan latihan yang sering dan rutin kalian akan mudah melakukan service bawah.


Teknik service mengapung
Teknik service mengapung atau floating overhand service adalah teknik service dimana bola yang melambung tidak berputar sehingga terlihat mengapung atau mengambang di udara.
Service mengapung dapat dilakukan dengan cara:
1.       Berdirilah menghadap lapangan.
2.       Posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu.
3.       Lambungkan bola ke atas (lebih tinggi dari kepala).
4.       Pukul bola di bagian tengah belakang.

B.     Teknik dasar gerakan passing

Teknik dasar gerakan passing atau juga bisa disebut reception adalah teknik yang bertujuan untuk menerima,menahan dan mengendalikan bola service dari pemain lawan teknik passing di bagi menjadi dua macam yaitu passing atas dan passing bawah, Berikut adalah penjelasan dari masing masing.


Teknik dasar passing atas
Teknik Passing Atas adalah teknik yang biasa digunakan untuk memberikan umpan atau set up dari toser ke pemain yang akan melakukan smash, karena itu teknik passing atas ini sangat berguna dalam permainan bola voli.
Passing atas atau overhand pass dibagi menjadi 2 yaitu teknik passing atas setinggi wajah dan passing atas normal. Passing atas normal dan passing atas setinggi wajah sejatinya adalah sama, hanya perbedaannya terletak pada posisi bola saat melakukan passing. Passing Atas normal adalah dimana posisi bola berada di atas depan wajah pemain, sedangkan passing atas depan wajah adalah kedudukan bola berada tepat di depan wajah pemain. Berikut adalah cara yang benar untuk melakukan passing atas:

1.       Bukalah kaki selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
2.       Kedua tangan berada di depan dahi, kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga. Pandangan harus fokus pada arah datangnya bola.
3.       Saat bola datang, terima bola dengan jari jari tangan, tekuk pergelangan tangan kedalam. Saat menerima usahakan tangan rileks.
4.       Dorong bola dengan cara menggerakan pergelangan tangan kearah luar dan diikuti gerakan meluruskan siku siku.
5.       Gerakkan kaki agak menjinjit.
Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat melakukan passing atas adalah sikap kaku, berdiri tidak seimbang karena kedua kaki tidak dibuka dan sejajar, lutut tidak ditekuk, kedua lengan tidak berada di atas depan kepala, perkenaan bola tidak pada jari-jari tangan, dorongan tidak bersamaan pada saat meluruskan siku dan lutut, serta tidak diikuti gerak lanjutan.

C.    Teknik dasar passing bawah

Teknik passing bawah juga menjadi teknik yang penting bagi pemain amatir unuk menjadi profesional. karena teknik ini  biasanya dilakukan untuk menerima bola service dan smash dari lawan. Passing Bawah dibagi menjadi 2 macam yaitu teknik dasar passing bawah satu tangan dan teknik dasar passing bawah dua tangan, berikut penjelasan masing masing:

Teknik dasar passing bawah


1.                   Cara melakukan Passing bawah adalah sebagai berikut.
2.                   Berdiri seimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit
ditekuk, serta badan agak condong ke depan.
3.                   Kedua lengan dirapatkan dan lurus ke depan bawah.
4.                   Ayunkan kedua lengan secara bersama-sama lurus ke atas depan bersamaan
dengan meluruskan kedua lutut.
5.                   Perkenaan pada kedua tangan.
6.                   Sikap akhir adanya gerak alnjut dari lengan yang diikuti anggota tubuh lainnya.

Kesalahan : Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat melakukan Passing bawah adalah sikap badan kaku, berdiri tidak seimbang karena kedua kaki tidak dibuka, lutut tidak ditekuk, kedua lengan kurang rapat, ayunan lengan dan meluruskan lutut tidak bersamaan, perkenaan bola tidak pada kedua tangan, serta tidak diikuti gerak lanjutan.

D.    Teknik dasar blocking



Teknik Blocking adalah satu satunya teknik yang pilih-pilih pemain. Karena teknik blocking hanya digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari lawan seperti smash. Karena itu teknik ini hanya bisa dilakukan pemain yang memiliki badan yang tinggi, namun tidak menutup kemungkinan tinggi badan kita bertambah suatu saat dan mencukupi untuk bisa melakukan teknik blocking, jadi teknik ini juga harus kalian kuasai.
Cara melakukan teknik ini cukup sullit jika sudah bertemu lawan kalian harus memahami situasi kapan musuh akan melakukan smash atau serangan dan kapan musuh akan melakukan tipuan. Berikut adalah cara untuk melakukan teknik blocking secara umum:
1.       Bersiapah di dekat net.
2.       Lutut ditekuk bersiap untuk melompat, posisi tangan di depan dada bersiap menghalau bola.
3.       Disaat yang tepat lompatlah setinggi mungkin dengan tangan rapat dan mengarah keatas. Ingat tangan kalian haruslah rapat agar bola tidak sampai lolos menebus celah tangan anda.
4.       Mendaratlah dengan kaki sedikit mengeper agar meminimalisir resiko cedera
Teknik blocking bila dilihat dari sudut pandang banyak orang yang melakukan, maka dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu Block tunggal dan Block berkawan. Blocking tunggal dilakukan oleh satu orang pemain sedangkan blocking berkawan dilakukan lebih dari 1 orang, biasanya 2-3 orang.
Pada sudut pandang gerakan teknik block dapat dibagi menjadi 2 yaitu teknik blocking aktif dan teknik blocking pasif. Teknik blocking aktif adalah situasi dimana pemain yang memblock menggerakan tangan dengan kuat sehingga posisi tangan menjadi sangat dekat dengan net. Teknik blocking pasif adalah saat dimana pemain yang memblock tidak menggerakan tangan saat melakukan block.
Jika pada saat latihan, teknik blocking biasanya dilakukan dengan diri sendiri saja sudah cukup, tanpa smash yang sesungguhnya.

E.     Teknik dasar smash




Teknik smash atau spike adalah gerakan melompat dan memukul bola voli dengan derajat kemiringan terkecil dan kekuatan terbesar kearah daerah lawan. Teknik Smash adalah teknik yang paling menarik untuk dipelajari dari teknik dasar bola voli, karena teknik ini adalah teknik paling keren dan menjadi momok bagi tim lawan karena teknik dasar smash yang tepat dapat meningkatkan perolehan skor.
Teknik Smash tidak mudah dipelajari dan dikuasai, sebab kita harus memiliki insting kemana dan kapan kita harus memukul bola agar mendapat tembakan yang pas. Bukan hanya itu, bila sudah masuk ke dalam pertandingan kita juga harus bisa melewati blockingan dari lawan.
Secara umum cara melakukan Smash adalah:
1.       Awalan : Ambil jarak sekitar 3 meter dari letak bola umpan akan melambung. Ambil langkah sedikit lebar dengan satu kaki disusul kaki yang lain di sebelahnya. Dikuti dengan gerakan tangan dijulurkan ke depan diayunkan ke belakang.
2.       Loncatan : Meloncatlah setinggi mungkin. Saat meloncat pastikan tangan terayun kedepan laul keatas dan bersiap melakukan smash.
3.       Pukulan : Pukul bola ke daerah lawan dengan sedikit polesan agar bola dapat berputar dan turun menukik.
4.       Pendaratan : Mendaratlah dengan sedikit mengeper agar mengurangi resiko terkena cedera atau keseleo.
Smash menurut arah bola dibagi menjadi 2 yaitu smash silang dan smash lurus.Seperti namanya, smash silang adalah smash yang diarahkan diagonal ke kiri atau ke kanan untuk mengincar daerah yang kosong milik lawan. Sedangkan teknik smash lurus adalah smash yang mengarah lurus ke depan karena dirasa pukulan dan ruang kosong di depan sudah pas untuk dijadikan sasaran.
Smash menurut set-up atau umpannya dibagi menjadi 4 macam yaitu open smash,semi smash,quick smash,push smash.
·         Open Smash Open Smash dilakukan apabila pemukul bola melakukan gerakan awal setelah pengumpan melepaskan bola umpan. Bola dipukul saat berada di puncak loncatan dan jangkauan tertinggi dari lengan.
·         Semi Smash Pemukul berjalan perlahan menuju arah jatuhnya bola dengan langkah perlahan. Ketika bola berada di ketinggian kira kira 1 meter di atas net, maka pemain harus secepatnya mengambil loncatan dan memukul bola
·Quick Smash Begitu bola sampai pada pengumpan maka pemukul harus secepatnya mengambil langkah smash. Saat berada kira kira 1 jangkauan lengan dengan bola, pemukul megambil loncatan dengan tangan siap melakukan pukulan. Pengumpan memberikan bola tepat didepan pemukul, lakukan pukulan secepatnya.
·Push Smash Pemukul sebelum melakukan smash berlari keluar lapangan berdiri didekat tiang net. Pemukul melakukan gerakan awalan dengan arah paralel pada net bila ketinggian bola sudah dirasa pas pemukul harus segera melompat dan memukul bola.
Teknik Smash menurut kurva bola di bagi menjadi 3 yaitu Drive Smash, Top Spin, dan Lob
·Drive Smash adalah pukulan bola yang mengarahkan bola dengan kurva yang panjang dan mengarah ke luar net. Smash ini dilakukan dengan telapak tangan membentuk sendok, lecutan tangan diputar berlawanan arah jarum jam, sasaran pukulan pada bola adalah bagian belakang kearah bagian depan.
·Top Spin Smash adalah pukulan bola yang dilakukan untuk mendapat putaran yang menukik tajam ke area lawan. Pada gerakan ini yang terpenting adalah ke luwesan gerakan pergelangan dan kerasnya pukulan.
·Lob Smash adalah pukulan smash yang mementingkan putaran bola ketimbang kecepatan bola. Lob Smash dilakukan dengan memoles bola hingga berputar agar bola tidak terjatuh keluar garis lapangan. Bola Lob biasa digunakan bila permainan di daerah tim telah mati dan terpaksa memberikan bola kepada lawan.
Teknik Smash menurut Awalannya dibagi menjadi 4 macam yaitu smash tanpa awalan, dengan awalan, dengan 1 kaki dan dengan 2 kaki.
·Smash tanpa awalan adalah saat dimana posisi pemukul telah berada di dekat net sejak awal dan bersiap melakukan loncatan. Jadi teknik ini biasa digunakan sebagai taktik pengecoh jika dilakukan bersama sama, sehingga musuh bingung siapa yang akan melakukan smash.
·Smash dengan awalan adalah smash pada umumnya. Teknik ini sangat sering digunakan, karena dengan awalan kita bisa mendapat kekuatan powerfull.
·Smash dengan 1 kaki adalah posisi pemain saat melakukan lompatan adalah satu kaki di depan dan satu kaki di belakang atau tidak sejajar sehingga lompatan pemukul terdorong kedepan.
·Smash dengan 2 kaki adalah posisi pemukul saat akan melakukan lompatan dengan dua kaki sejajar seperti pada umumnya.

Menjadi sorang pemain amatir yang menuju profesional butuh latihan dan kerja keras sehingga kita bisa memiliki skill yang diakui oleh masyarakat. Namun semua itu diawali dengan teknik yang dasar, baru mempelajari lebih dalam. Jangan cepat bosan dalam menjalani latihan teknik dasar bola voli ini, karena dengan dasar yang bagus kita bisa membuat teknik lanjutan yang bagus pula, pemain profesional pun tetap melakukan latihan dasar meski sudah sangat mahir.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar